Propertypreneur

Menjadi Entrepreneur dalam Bidang Property

Waktu untuk Membeli Tanah yang Tepat

Topik kita kali ini ialah waktu untuk membeli tanah yang tepat. Membangun rumah di atas tanah sendiri adalah impian banyak orang, khususnya yang sudah punya keluarga. Tapi, semua itu terkadang banyak terbentur oleh beberapa hal dan akhirnya harus menyewa.

Waktu untuk Membeli Tanah

Waktu untuk Membeli Tanah yang Tepat

Untuk mewujudkan impian tersebut Anda harus mempunyai rencana dari jauh-jauh hari. Bila suatu saat anggaran telah tersedia dan akan segera melakukan pembelian maka hendaknya haruslah berhati-hati. Hal itu disebabkan banyak sekali resiko yang ada di dalamnya, seperti penipuan.

Beberapa faktor yang mungkin tak sesuai dengan harapan yaitu tak sesuainya harga. Sebab terlalu mahal dan itu baru disadari sesudah sekian lama. Anggaran yang sudah lama dikumpulkan mesti rela dilebihkan oleh penipu tersebut dan kekecewaanlah yang mengiringi. Untuk itu, Anda perlu mengetahui waktu untuk membeli tanah yang pas dan tepat.

Banyak orang beranggapan bila hendak membeli properti, terutama tanah belilah di saat harga sedang turun atau harga mencapai titik terendah. Namun, muncul pertanyaan kapan tanah tersebut mencapai harga terendah? Bila melihat fakta yang berkembang di lapangan, harga tanah tak pernah mengalami penurunan. Jadi, Anda dapat menggunakan beberapa cara untuk menentukan kapan saatnya atau waktu untuk membeli tanah.

Investasi di bidang properti seperti tanah memang sangat bagus untuk jangka panjang. Apalagi di saat perekonomian yang sedang bagus sehingga harga properti bisa melambung tinggi. Namun sebaliknya, harga properti pun bisa jatuh di saat perekonomian sedang merosot. Tren kenaikan properti akan sangat dipengaruhi oleh kenaikan angka pertumbuhan penduduk di suatu negara atau wilayah.

Faktor pertumbuhan ekonomi sebuah negara pun ikut mempengaruhi pergerakan harga properti. Jika pertumbuhan ekonomi baik dan tingkat pengangguran menurun, akan banyak anggota masyarakat yang mampu membeli rumah. Sehingga pasar properti akan tumbuh dengan pesat.

Namun sebaliknya, saat perekonomian menurun dan pekerjaan sangat sulit diperoleh, masyarakat akan menunda membeli rumah. Sehingga tren harga perumahan akan menurun. Melihat berbagai pertimbangan keadaan tersebut maka hal yang penting untuk dilakukan adalah mempertimbangkan kapan waktu untuk membeli tanah yang tepat dengan harga murah.

Untuk melakukan hal tersebut, ada beberapa hal yang harus diketahui terkait waktu untuk membeli tanah, yaitu sebagai berikut.

a. Membeli Melalui Pengembang Saat Promosi

Biasanya, pengembang (developer) properti dalam promosinya memberikan potongan harga (discount). Bila mau mengetahui info semacam ini, biasanya developer properti sendiri yang akan mengumumkan lewat iklan di berbagai media. Seperti iklan di surat kabar, televisi, radio, brosur, spanduk, atau saat diadakan pameran. Hal ini dilakukan developer properti guna menarik calon pembeli untuk melihat ke lokasi proyek.

b. Pemilik Membutuhkan Uang Segera

Pada kondisi tertentu, terkadang pemilik tanah memerlukan uang yang cukup besar dalam waktu sesegera mungkin atau ada kebutuhan mendesak. Sehingga si pemilik tanah rela menjual tanahnya dengan harga di bawah pasar. Pada kondisi inilah, waktu untuk membeli tanah yang terbaik dengan harga relatif murah. Informasi seperti ini bisa didapat lewat beberapa sumber berita, seperti surat kabar, agen properti, saudara, ataupun tetangga.

c. Perekonomian Negara yang Tengah Lesu

Hampir setiap negara bisa mengalami kelesuan secara ekonomi. Hal ini bisa ditandai dengan tingginya angka inflasi, sektor industri macet, dan banyaknya angka pengangguran. Dampak seperti ini akan sangat dirasakan oleh masyarakat yang susah mendapatkan uang. Dalam kondisi seperti inilah kemungkinan akan ada dari sebagian masyarakat yang menjual tanahnya dengan harga murah. Hal ini sebagai konsekuensi yang logis untuk memperoleh uang.

d. Membeli Melalui Lelang Properti

Pelelangan jaminan atau agunan yang berupa sertifikat tanah atau sertifikat beserta bangunannya akan dilakukan oleh bank, asalkan jaminan sertifikat tersebut dinyatakan sebagai sertifikat yang mengalami gangguan. Dalam hal ini, debitur tidak mampu melaksanakan kewajibannya atau dapat dikatakan macet/pailit sehingga pelelangan mau tidak mau harus dilakukan.

Selanjutnya jaminan tersebut dilimpahkan kepada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL). Hal ini dilakukan untuk segera dilakukan pelelangan, dengan sebelumnya bank yang bersangkutan mengumumkan akan terjadi pelelangan.

Untuk mendapatkan lokasi yang bagus, hal penting yang sebaiknya diperhatikan dari proses lelang ini adalah harus selalu mengikuti jadwal lelang dari KPKNL. Cara lain yang juga bisa dilakukan adalah mencari informasi daftar agunan yang akan dilelang. Untuk melakukan hal ini tidak perlu malu atau ragu karena bank sendiri akan merasa terbantu jika aset yang dilelang melalui balai lelang dapat segera menemukan peminatnya.

Demikian informasi terkait dengan waktu untuk membeli tanah yang tepat, kami harap artikel kali ini membantu Anda. Mohon artikel investasi tanah ini dibagikan supaya semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi:

Tanah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Investasi Property Syariah
Investasi Property Syariah yang Menguntungkan Dunia Akhirat
Jasa Digital Marketing
Jasa Digital Marketing untuk Produk Properti
Komunitas Digital Marketing SB1M
Komunitas Digital Marketing SB1M Tepat untuk Propertipreneur
Pelatihan Digital Marketing
Pelatihan Digital Marketing Strategi Baru Pemasaran Properti
Desain Rumah Teknik Meningkat Rumah
Tips Membangun Gazebo yang Bagus
Tips Membangun Gazebo yang Bagus di Rumah
Percantik Jendela Rumah
Percantik Jendela Rumah agar Tampil Lebih Segar dan Memikat
Memilih Penjual Kubah Masjid
Tips Memilih Penjual Kubah Masjid Terbaik

Kaya dari Properti

Arsitektur Bisnis Properti Broker

Produk Properti

Kavling Siap Bangun Properti Produktif Rumah Syariah

Produk Sampingan

Buku Bisnis Herbal Produk Lain

Tipe Properti

Properti Lain Rumah Tanah
Agraria Kontrak Kerja Perizinan Properti
Perjanjian Kerja Konstruksi
Faktor Penting dalam Perjanjian Kerja Konstruksi
Kontra Kerja Konstruksi
Mengapa Perlu Kontrak Kerja Konstruksi yang Baik
Kepemilikan Tanah
Kepemilikan Tanah Harus Terdaftar di Instansi Terkait
Taman Tahfidz Firdaus Purwakarta
Taman Tahfidz Firdaus Purwakarta Investasi Properti yang Menguntungkan
Ar Radea Residence Cikarang
Ar Radea Residence Cikarang Bekasi Rumah Syariah Murah
Cahaya Alam Setu Bekasi
Cahaya Alam Setu Bekasi Kavling Strategis Non Riba
Nuansa Alam Transyogi Bogor
Nuansa Alam Transyogi Bogor Cara Cerdas Investasi Properti