Propertypreneur

Menjadi Entrepreneur dalam Bidang Property

Mengapa Perlu Kontrak Kerja Konstruksi yang Baik

Pada kesempatan ini kami akan jelaskan seputar mengapa perlu kontrak kerja konstruksi yang baik?. Semakin maju dan berkembangnya dunia teknologi saat ini berdampak besar pada peningkatan taraf hidup masyarakat. Semua orang berlomba-lomba untuk mendapatkan sesuatu yang layak bagi hidupnya. Salah satu hal yang jadi kebutuhan pokok selain pangan dan sandang yaitu tempat tinggal.

Kontrak Kerja Konstruksi

Impian Memiliki Rumah

Punya tempat tinggal atau rumah sendiri jadi suatu impian tiap orang, terutama sebuah keluarga. Karena sebagai kebutuhan pokok, tempat tinggal mutlak mesti dipenuhi meskipun bukan milik sendiri. Jika kebutuhan tempat tinggal tak terpenuhi, kelangsungan hidup manusia bisa terganggu.

Rumah adalah tempat tinggal manusia untuk berteduh dari terik matahari dan terpaan derasnya hujan. Serta sebagai tempat beristirahat melepas lelah. Selain itu, rumah pun bisa menaikkan derajat seseorang ditinjau dari segi sosial. Seseorang tak lagi merasa malu atau minder dengan lingkungan sekitar jika punya rumah.

Banyak cara yang dilakukan seseorang untuk memperoleh rumah atau tempat tinggal, salah satunya dengan membangun atau mendirikannya. Membangun sebuah tempat tinggal perlu memperhatikan beberapa hal dalam mempersiapkannya dengan sebaik-baiknya. Setiap orang pasti mau memperoleh suatu rumah atau tempat tinggal yang sesuai dengan harapannya antara lain :

  • desain dan tata ruang tepat,
  • konstruksi kuat dan kokoh,
  • lingkungan alam asri dan aman, serta
  • memenuhi standar kesehatan.

Supaya semua keinginan tersebut bisa terpenuhi, tentunya dibutuhkan suatu perencanaan yang sangat matang oleh setiap pemilik bangunan rumah.

Untuk mewujudkan berdirinya suatu bangunan rumah, pemilik biasanya akan menyerahkan pelaksanaan pembangunannya pada pihak pemborong. Dalam hal ini antara pihak pemilik rumah dan pihak pemborong pasti akan terjadi atau terbentuk suatu ikatan kerja sama. Pihak pemilik rumah selaku pemberi kerja menghendaki supaya pemborong bisa mewujudkan apa pun jadi keinginan atau harapannya.

Sedangkan pihak pemborong selaku penerima kerja mengharapkan akan memperoleh laba atau keuntungan dari apa yang akan dikerjakannya. Oleh sebab itu, antara pihak pemilik rumah dan pihak pemborong mesti ada dan terbentuk suatu kerja sama yang baik. Serta kesamaan konsep atau pandangan dalam setiap tahapan pembangunan yang akan dilaksanakan.

Kontrak Kerja Konstruksi

Sebelum pelaksanaan pembangunan rumah atau tempat tinggal dimulai, sangat diperlukan adanya suatu kontrak perjanjian. Yaitu perjanjian antara pihak pemilik rumah dengan pihak pemborong yang umumnya sering disebut sebagai kontrak kerja konstruksi. Mengapa sebuah kontrak atau perjanjian kerja konstruksi mutlak harus dibuat?

Kontrak kerja konstruksi merupakan perjanjian tertulis antara kedua belah pihak. Yaitu pemilik rumah dan pemborong atau lebih yang saling terkait dalam suatu pekerjaan pembangunan (rumah, ruko, dan sebagainya).

Selain perjanjian tertulis, sering kali juga dijumpai perjanjian tidak tertulis atau hanya ucapan lisan antara pihak pemilik rumah dengan pihak pemborong. Padahal perjanjian seperti ini nantinya dapat menimbulkan permasalahan dalam kelangsungan pekerjaan pembangunan. Masing-masing pihak tidak mau disalahkan dan menganggap pendapatnya lebih benar.

Oleh karena masalah itulah suatu kontrak kerja konstruksi yang baik, jelas, dan mengikat perlu dibuat. Kontrak kerja atau perjanjian tertulis dibuat dan dikeluarkan oleh pihak pemilik rumah untuk disetujui oleh pihak pemborong sehingga terjadi kesepakatan di antara keduanya. Dengan adanya kontrak atau perjanjian kerja konstruksi yang telah dibuat dan disetujui oleh kedua belah pihak diharapkan akan terjadi kemudahan penyelesaian pekerjaan. Pemilik rumah pun dapat merencanakan pembangunan rumahnya dengan baik.

Selain itu, pembuatan kontrak kerja konstruksi akan mengurangi timbulnya perselisihan atau permasalahan antara pemilik rumah dan pemborong. Bahkan yang paling utama atau pokok adalah kontrak kerja ini akan dapat mengantisipasi terjadinya kecurangan-kecurangan yang terkadang dilakukan oleh pihak pemborong.

Kontrak kerja tersebut berguna sebagai aturan dalam pelaksanaan pekerjaan pembangunan rumah karena mengatur hak dan kewajiban masing-masing pihak, baik pihak pemilik rumah maupun pihak pemborong. Selain hak dan kewajiban, tercantum juga spesifikasi dan syarat-syarat pelaksanaan proyek pembangunan.

Mengapa Perlu Kontrak Kerja yang Baik?

Berikut beberapa alasan mengapa harus membuat kontrak kerja konstruksi yang baik :

  • Menyamakan konsep, metode, atau pandangan setiap tahapan pembangunan rumah.
  • Menghindarkan perselisihan antara pemilik rumah dengan pemborong.
  • Menghindarkan salah tafsir antara pemilih rumah dengan pemborong.
  • Memudahkan penyelesaian pekerjaan.
  • Menjadi aturan pelaksanaan pembangunan rumah.

Demikian info terkait dengan mengapa perlu kontrak kerja konstruksi yang baik?, kami harap artikel ini membantu sahabat semua. Kami berharap artikel kontrak kerja pembangunan rumah ini dishare biar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi :

Kontrak Kerja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Investasi Property Syariah
Investasi Property Syariah yang Menguntungkan Dunia Akhirat
Jasa Digital Marketing
Jasa Digital Marketing untuk Produk Properti
Komunitas Digital Marketing SB1M
Komunitas Digital Marketing SB1M Tepat untuk Propertipreneur
Pelatihan Digital Marketing
Pelatihan Digital Marketing Strategi Baru Pemasaran Properti
Desain Rumah Teknik Meningkat Rumah
Tips Membangun Gazebo yang Bagus
Tips Membangun Gazebo yang Bagus di Rumah
Percantik Jendela Rumah
Percantik Jendela Rumah agar Tampil Lebih Segar dan Memikat
Memilih Penjual Kubah Masjid
Tips Memilih Penjual Kubah Masjid Terbaik

Kaya dari Properti

Arsitektur Bisnis Properti Broker

Produk Properti

Kavling Siap Bangun Properti Produktif Rumah Syariah

Produk Sampingan

Buku Bisnis Herbal Produk Lain

Tipe Properti

Properti Lain Rumah Tanah
Agraria Kontrak Kerja Perizinan Properti
Perjanjian Kerja Konstruksi
Faktor Penting dalam Perjanjian Kerja Konstruksi
Kontra Kerja Konstruksi
Mengapa Perlu Kontrak Kerja Konstruksi yang Baik
Kepemilikan Tanah
Kepemilikan Tanah Harus Terdaftar di Instansi Terkait
Taman Tahfidz Firdaus Purwakarta
Taman Tahfidz Firdaus Purwakarta Investasi Properti yang Menguntungkan
Ar Radea Residence Cikarang
Ar Radea Residence Cikarang Bekasi Rumah Syariah Murah
Cahaya Alam Setu Bekasi
Cahaya Alam Setu Bekasi Kavling Strategis Non Riba
Nuansa Alam Transyogi Bogor
Nuansa Alam Transyogi Bogor Cara Cerdas Investasi Properti