Propertypreneur

Menjadi Entrepreneur dalam Bidang Property

Langkah Awal Menjadi Pelaku Properti Sukses

Menjadi pelaku properti sukses atau investor / pebisnis properti tidak sulit, kunci utamanya yakni percaya diri dan punya keinginan kuat untuk maju. Selain itu, rasa malu dan pesimis mesti dibuang jauh-jauh dari pikiran dan hati. Milikilah hati sebagai seorang pembelajar. Di manapun Anda berniat untuk maju, maka mesti mau belajar dari pengalaman para senior dan kondisi. Jangan berhenti pada kemampuan yang sekarang Anda miliki, terus gali informasi dan lari ke arah tujuan.

Menjadi Pelaku Properti Sukses

Langkah Awal menjadi Pelaku Properti Sukses

Berikut ini beberapa langkah awal menjadi pelaku properti sukses atau investor / pebisnis (broker) properti :

a. Mencari Listing

Langkah pertama untuk menjadi pelaku properti sukses adalah mencari dan mendapat listing. Untuk memperoleh listing tak harus dengan memohon-mohon. Lakukanlah taktik penjualan yang halus (soft selling). Anda dapat memulainya dengan melakukan aktivitas di luar pekerjaan utama. Demi menjaring listing sebanyak-banyaknya, Anda dapat memanfaatkan kesempatan untuk bertemu, berkenalan, dan jadi teman untuk semua orang yang baru ditemui. Namun di titik ini, carilah kenalan yang akan jadi target pasar Anda.

Untuk menjadi pelaku properti sukses Anda harus memperbanyak listing, dengan cara datang ke acara arisan istri misalnya. Jadilah seseorang yang dapat mereka andalkan dan mampu melayani semua kebutuhannya sekecil apapun itu. Anda akan memperoleh tempat di hati mereka dan jadi sumber berharga demi keputusan-keputusan penting mereka. Dari sinilah Anda akan menjaring referral (klien yang bisa memberikan rekomendasi atas pekerjaan Anda).

Listing di sini yaitu pemilik yang berniat menjual atau menyewakan propertinya, sekaligus orang yang punya niat untuk membeli properti dalam jangka waktu dekat. Listing bisa Anda miliki lewat :

  • relasi,
  • teman,
  • kerabat,
  • iklan baris di kolom,
  • majalah,
  • tanda di depan properti yang mau dijual,
  • dll.

Anda hanya tinggal menghubungi mereka dan tawarkan kerjasama. Ini dilakukan agar impian menjadi pelaku properti sukses semakin besar peluangnya.

Tanyakan apakah mereka bersedia menjual rumahnya lewat Anda. Bila harga yang ditawarkan mereka cukup tinggi, Anda dapat membujuknya untuk melakukan transaksi dengan cara 2 kali pembayaran.

  1. Berikan uang muka kestika proses transaksi berlangsung.
  2. Lunasi ketika Anda sudah menemukan pembeli yang tepat, tentunya dengan harga berlipat.

Metode ini dinamakan juga dengan metode flip atau membalikkan transaksi. Anda dapat menanyakan pada si penjual kapan ia akan memakai uangnya, kemudian mintalah fotokopi sertifikat rumahnya. Lalu pasang iklan untuk mencari pembeli. Situasi seperti ini memang jarang kita temukan, tapi kemungkinan itu selalu ada kan?

Pelatihan Digital Marketing

b. Promosi

Langkah kedua untuk menjadi pelaku properti sukses yaitu melakukan promosi. Aktivitas mencari pembeli bisa dilakukan dengan cara memasang iklan baik lewat koran, majalah maupun mailing list. Hal ini memang akan memakan biaya tapi dari situlah Anda dapat merespon pembeli yang sungguh-sungguh. Walaupun demikian, hal yang tak boleh dilupakan yaitu melakukan promosi mouth to mouth (door to door).

Anda dapat memakai jaringan yang sebelumnya telah terbentuk. Promosi ke jaringan intern (kawan / teman terdekat) akan lebih efektif sebab Anda telah mengenal karakter pembeli yang sebenarnya. Bukan tak mungkin Anda dapat cross check kebenaran data si pembeli lewat jaringan yang sama.

Pengadaan promosi yang gencar akan menjaring tak hanya 1 atau 2 pembeli saja. Pilihan pembeli yang sangat bervariatif akan bikin Anda lebih leluasa dalam menentukan siapakah yang cocok dengan penawaran yang ada.

Jangan terjebak dengan keharusan membiayai iklan yang mahal. Anda mesti tahu strategi yang tepat dalam mengiklankan produk supaya tepat sasaran. Jangan sampai membuang dana dan tenaga tanpa tahu prospek (pembeli) yang akan diperoleh. Pemasangan spanduk atau tanda dijual di depan rumah yang akan ditawarkan merupakan sesuatu hal yang sangat wajar dilakukan. Anda dapat mencantumkan nomor telepon di palang tersebut.

Iklan Properti

Untuk menjadi pelaku properti sukses Anda bisa melakukan promosi dengan cara lain. Promosi lain yang lebih besar dapat dilakukan dengan beriklan di surat kabar setempat. Misalnya, bila rumah berada di kawasan BSD City, Tangerang. Pertama-tama pakai majalah yang beredar di kawasan tersebut, jangan Koran / majalah skala nasional.

Bila ini belum berbuah manis juga, maka pakai kemampuan surat kabar nasional dan cara lain yang lebih kreatif. Anda pun dapat melakukan canvassing yakni suatu aktivitas untuk memperoleh calon prospek dengan berjalan-jalan di sekitar lokasi properti tertentu.

Saat ini, iklan properti di koran segera akan beralih ke internet via website properti. Anda mesti siap menyambut era internet dalam pemasaran properti. Pembeli akan lebih dapat menikmati pencarian informasi properti via internet. Penyajian informasinya dapat sangat menarik perhatian calon pembeli dengan foto-foto rumah dan data-data lain yang lengkap. Di Jakarta sudah banyak website yang berisi cukup banyak seputar informasi properti yang dipasarkan agen properti.

Dalam 3 hingga 5 tahun ke depan, iklan / promosi properti di internet akan mengalahkan peran iklan properti di koran / majalah. Bukan hanya di Jakarta saja tapi juga di kota-kota besar lain di Indonesia.

c. Approachment (Pendekatan)

Langkah berikutnya untuk menjadi pelaku properti sukses, Anda bisa melakukan pendekatan pada calon konsumen (pembeli). Hal ini harus langsung dikerjakan setelah Anda memperoleh respon dari promosi yang sudah dilakukan. Pendekatan ini dilakukan supaya mereka mau bekerja sama. Bukan hanya itu mereka juga akan mempercayai Anda dalam pencarian properti yang tepat bagi kebutuhan mereka. Anda bisa mulai membuka pintu komunikasi dengan calon pelanggan melalui jalan berkenalan. Bisa berkenalan via telepon, email atau temu muka langsung dengan pembeli.

Pendekatan yang Anda lakukan tak sebatas hanya sekali atau dua kali berbicara. Karena, kadang-kadang closing atau transaksi tidak terjadi di properti pertama, mungkin kelima atau kesekian. Maka dari itu langkah pendekatan yang Anda lakukan mesti efisien dan efektif.

Tips pendekatan untuk menjadi pelaku properti sukses :

Lakukan pendekatan seoptimal mungkin. Sehingga Anda akan tahu properti seperti apa yang benar-benar tepat dan dibutuhkan calon pembeli. Gali sebanyak mungkin informasi mengenai keinginan, kebutuhan dan kebiasaan mereka di setiap kesempatan pertemuan. Kemudian, lihat pada listing properti yang Anda miliki dan carikan yang sekiranya tepat untuk mereka. Dengan demikian Anda akan efektif dalam mengadakan approachment. Sehingga closing dapat cepat terjadi dengan sesedikit mungkin tenaga dan waktu Anda.

d. Belajar Public Relation

Langkah keempat untuk menjadi pelaku properti sukses adalah belajar public relation. Berbicara dengan orang lain tak boleh sembarangan, apalagi bila berhadapan dengan calon pembeli. Keahlian terkait dengan people skill mutlak mesti Anda kuasai. People skill ini menyangkut :

  • kemampuan sosial,
  • interpersonal (empati),
  • komunikasi, dan
  • trust (kepercayaan).

Kemampuan tersebut akan terasah dengan banyak melakukan pembicaraan yang terarah. Ingat selalu akan tujuan akhir pembicaraan yakni demi membangun kepercayaan dan terciptanya transaksi. Jadi, tidak ada salahnya untuk menjadi pelaku properti sukses Anda bisa meningkatkan kemampuan :

  • berbicara,
  • teknik persuasif (membujuk) dan
  • dalam menjual.

Dengan cara membuka buku tentang :

  • personality (karakter),
  • relationship (hubungan antar manusia), dan
  • selling skill (kemampuan menjual dan marketing).

Belajar dari para senior dalam melakukan pendekatan akan banyak membantu Anda. Sesekali ikutlah senior dalam kunjungan ke klien dan perhatikan cara beliau menyampaikan maksud dan melakukan pendekatan yang jitu terhadap klien.

e. Belajar Kesekretariatan dan Hukum

Langkah kelima untuk menjadi pelaku properti sukses yaitu belajar hukum dalam properti. Alangkah baiknya bila Anda ikut mempelajari soal hukum dan bidang legal (perizinan) yang terkait dengan properti. Ini kemampuan mendasar yang mesti dimiliki supaya Anda akrab dengan kasus-kasus tanah dan tak terperangkap dengan properti yang bersengketa. Hal ini juga dibutuhkan dalam pembuatan perjanjian kerja sama.

Bisnis properti rawan dengan berbagai tipu daya, khususnya terkait legalitas akta dan sertifikat tanah. Legal atau tidaknya surat-surat (akta dan/atau sertifikat) tanah dan bangunan mesti Anda pastikan dengan jeli dan seksama. Walaupun nantinya kegiatan transaksi dilakukan di depan notaris dan para saksi, Anda mesti bisa memahami proses dan perizinannya.

Pemahaman tentang seluk beluk tanah dan bangunan akan sangat membantu Anda. Seperti ketika Anda menemukan kasus-kasus tanah bersengketa atau masalah yang terdapat pada sertifikat yang ada.

Dalam mengembangkan kemampuan untuk menjadi pelaku properti sukses ini, Anda bisa menanyakan hal-hal terkait kepada :

  • Notaris,
  • Pejabat pembuat Akta Tanah (PPAT), dan
  • Departemen Pertanahan.
f. Memahami Rencana Tata Ruang Kota

Langkah keenam untuk menjadi pelaku properti sukses ialah memahami Rencana Tata Ruang Kota (RTRK). RTRK sangat mempengaruhi harga jual tanah dan bangunan di wilayah yang bersangkutan. Ada baiknya Anda mesti melakukan survei lebih dulu ke Dinas Tata Kota suatu daerah tertentu. Hal ini demi mendapatkan penjelasan yang selengkap-lengkapnya mengenai rencana pengembangan wilayah.

Dari penjelasan peta dan RTRK propinsi, Anda akan menemukan wilayah-wilayah mana saja yang akan dikembangkan. Baik dikembangkan jadi daerah industri, pemukiman, pendidikan ataupun perdagangan dalam beberapa tahun ke depan. Anda bisa menjadikan informasi penting ini sebagai acuan dalam melaksanakan pendekatan kepada klien.

Apapun yang dapat Anda peroleh dari RTRK pasti bisa jadi bahan pertimbangan dalam mencari properti yang tepat sesuai tujuan klien. Jangan sampai Anda salah memberi masukan ke klien mengenai rencana wilayah tersebut. Terlebih lagi jangan sampai Anda menjual properti dengan harga jauh di bawah standar. Sebab siapa tahu lokasi tersebut akan berkembang satu tahun kemudian. Naik turunnya nilai suatu properti sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor yang disebutkan tadi.

g. Bekerjasama dengan Perusahaan Agen Properti

Langkah ketujuh untuk menjadi pelaku properti sukses yakni bekerjasama dengan perusahaan agen properti. Taktik ini cocok bila Anda ingin cepat belajar. Bergabunglah dengan perusahaan properti terpercaya. Dari situ, Anda dapat belajar tentang manajemen yang sudah maju dalam menangani penjualan properti. Perusahaan-perusahaan ini biasanya berfungsi sebagai broker.

Mereka adalah perantara antara penjual dan pembeli properti. Dari mereka Anda dapat belajar terkait teknik-teknik negosiasi, jaringan, bahkan, keahlian dalam menjalankan pembalikan transaksi. Bila Anda sudah dapat berdiri sendiri dan punya jaringan yang cukup Anda bisa membuka sistem baru. Di mana sistem Anda tersebut lebih kompetitif dengan standar pelayanan tinggi pada klien.

Bila berniat menimba ilmu untuk menjadi pelaku properti sukses lebih dulu Anda bergabung di salah satu agen properti. Cara masuk lewat sistem member juga tak cukup gampang. Anda tinggal baca surat kabar dan temukan kategori properti sesuai minat yang ada di dalamnya. Pada iklan baris tersebut, Anda bisa memindai data base broker properti yang tersebar di seluruh penjuru tanah air.

Data ini bisa berupa nomor telepon dan alamat broker properti. Dari data base tersebut, pilih salah satu yang terdekat dengan tempat tinggal Anda atau sesuai keinginan. Lalu Anda tinggal menelpon perusahaan tersebut. Tanyakan, bagaimana agar dapat tercatat jadi anggota perusahaan tersebut. Jangan lupa untuk menanyakan kontraprestasi, fee dan sistem kerjanya.

Syarat khusus yang biasa diajukan perusahaan

Untuk menjadi pelaku properti sukses Anda harus bergabung dengan perusahaan agen properti dengan syarat-syarat berikut :

  1. Setelah bergabung, biasanya Anda diharuskan untuk mengikuti pelatihan. Beberapa perusahaan tertentu akan meminta dana untuk pelatihan Namun ada juga yang gratis.
  2. Ada juga beberapa perusahaan yang mensyaratkan pendidikan minimal S1 dan S2. Ini dilakukan mengingat pengaruhnya yang tinggi terhadap peningkatan performance dari broker di mata klien dalam menjual jasanya.
  3. Bagaimana pun juga bisnis ini menjual kepercayaan, jadi klien mesti memperoleh pelayanan terbaik. Anda akan memperoleh poin plus bila punya kemampuan berbahasa yang baik. Apalagi menguasai bahasa Inggris, Mandarin atau bahasa-bahasa negara lain. Ini perlu sebab perusahaan tertentu memfokuskan diri pada penjualan properti ke ekspatriat (orang asing). Klien tentu akan lebih nyaman berbicara dengan rekan bisnis yang bisa menguasai bahasa yang sama. Hal ini agar mengurangi kesalahpahaman yang fatal dalam melakukan pendekatan dan juga transaksi.
  4. Tapi, persyaratan jenjang pendidikan bukanlah hal yang mutlak. Yang paling penting yaitu kemauan dan kepribadiannya.
  5. Syarat tambahan yang tidak kalah diperhitungkan untuk menjadi pelaku properti sukses yaitu kendaraan pribadi dan HP (hand phone). Hal ini penting dalam menunjang mobilitas.
  6. Selain itu, kadang perusahaan tertentu pun menganjurkan bahkan mewajibkan para calon pegawainya punya tabungan minimal di bank. Hal ini untuk menjamin keberlangsungan kegiatan awal jadi pegawai selama 3 bulan. 3 bulan merupakan masa penggodokan yang banyak menghabiskan waktu, tenaga dan dana. Jadi tabungan ini merupakan modal / investasi dalam memulai pekerjaannya.
Memilih Perusahaan Agen Properti

Usahakan memilih perusahaan yang tergabung dalam AREBI (Asosiasi Real Estate Broker Indonesia) agar bisa menjadi pelaku properti sukses. AREBI adalah induk dari organisasi profesi broker properti di Indonesia. AREBI memayungi kinerja para anggotanya sebab

  • memberikan pelatihan sertifikasi,
  • memberikan pengetahuan tentang industry jasa broker properti lewat training, dan
  • membuka peluang perluasan jaringan.

Konsumen yang makin kritis juga akan melihat apakah broker tersebut sudah terdaftar jadi anggota AREBI atau tidak. Dengan menjadi anggota, masalah yang kemudian muncul di lapangan, apalagi sesudah transaksi, biasanya dapat dikonsultasikan pada AREBI. Jadi konsumen akan merasa lebih aman dalam mempercayakan penjualan dan pembelian propertinya.

h. Sabar

Langkah kedelapan untuk menjadi pelaku properti sukses adalah Anda harus sabar. Dalam menjalankan bisnis properti, Anda dituntut untuk punya kesabaran tinggi. Jangan salah! Banyak kejadian dan kasus di lapangan yang dapat membuat mereka mundur teratur. Dari mencari listing hingga akhirnya closing memerlukan kesabaran ekstra. Pada waktu melakukan pendekatan, biasanya Anda harus menemani calon pembeli melihat-lihat properti.

Ini sering tak dapat selesai sekali dua kali. Bisa saja aktivitas ini memenuhi agenda Anda dalam sepekan. Bagian terparahnya, tak semua pembeli melanjutkan hubungan kerja sama ini. Pembeli yang tak tertarik dengan listing propeti terebut bisa semena-mena mencueki Anda. Anda menelepon namun pembeli tak mengangkat telepon. Jika sudah terjadi, sabar jangan sampai ketinggalan. Ini merupakan modal utama yang perlu terus dipupuk demi menjaga relasi.

Sekian informasi seputar langkah awal menjadi pelaku properti sukses, semoga postingan kali ini berguna buat Anda. Mohon postingan bisnis dan investasi properti ini dibagikan agar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi:

Bisnis Properti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Investasi Property Syariah
Investasi Property Syariah yang Menguntungkan Dunia Akhirat
Jasa Digital Marketing
Jasa Digital Marketing untuk Produk Properti
Komunitas Digital Marketing SB1M
Komunitas Digital Marketing SB1M Tepat untuk Propertipreneur
Pelatihan Digital Marketing
Pelatihan Digital Marketing Strategi Baru Pemasaran Properti
Desain Rumah Teknik Meningkat Rumah
Tips Membangun Gazebo yang Bagus
Tips Membangun Gazebo yang Bagus di Rumah
Percantik Jendela Rumah
Percantik Jendela Rumah agar Tampil Lebih Segar dan Memikat
Memilih Penjual Kubah Masjid
Tips Memilih Penjual Kubah Masjid Terbaik

Kaya dari Properti

Arsitektur Bisnis Properti Broker

Produk Properti

Kavling Siap Bangun Properti Produktif Rumah Syariah

Produk Sampingan

Buku Bisnis Herbal Produk Lain

Tipe Properti

Properti Lain Rumah Tanah
Agraria Kontrak Kerja Perizinan Properti
Perjanjian Kerja Konstruksi
Faktor Penting dalam Perjanjian Kerja Konstruksi
Kontra Kerja Konstruksi
Mengapa Perlu Kontrak Kerja Konstruksi yang Baik
Kepemilikan Tanah
Kepemilikan Tanah Harus Terdaftar di Instansi Terkait
Taman Tahfidz Firdaus Purwakarta
Taman Tahfidz Firdaus Purwakarta Investasi Properti yang Menguntungkan
Ar Radea Residence Cikarang
Ar Radea Residence Cikarang Bekasi Rumah Syariah Murah
Cahaya Alam Setu Bekasi
Cahaya Alam Setu Bekasi Kavling Strategis Non Riba
Nuansa Alam Transyogi Bogor
Nuansa Alam Transyogi Bogor Cara Cerdas Investasi Properti